Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu SEO ?

Timelinenews.site

 

Apa itu SEO?

SEO adalah kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google.

Dengan SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

Pertanyaannya, dari sekian banyak mesin pencari (Yahoo!, Bing, Amazon, dll), kenapa sih harus mengutamakan SEO Google?

Jawabannya sederhana: Google adalah search engine favorit bagi mayoritas pengguna internet.

artikel ini akan menjadi pengantar dan gambaran umum tentang optimisasi mesin pencari (SEO), taktik yang sangat penting untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda.

Dalam panduan ini Anda akan belajar:

  •     Apa itu SEO & Mengapa Penting?
  •     Riset Kata Kunci SEO & Praktik Terbaik Penargetan Kata Kunci
  •     Praktik Terbaik Pengoptimalan Pada Halaman


Mari kita simak!

Mengapa Anda Harus Peduli Tentang SEO?


Miliaran pencarian dilakukan secara online setiap hari. Ini berarti sejumlah besar lalu lintas spesifik dan niat tinggi.

Banyak orang mencari produk dan layanan tertentu dengan maksud untuk membayar hal-hal ini. Pencarian ini diketahui memiliki tujuan komersial, artinya dengan pencarian mereka secara jelas menunjukkan bahwa mereka ingin membeli sesuatu yang Anda tawarkan.

 Orang-orang menelusuri segala hal yang terkait langsung dengan bisnis Anda. Di luar itu, prospek Anda juga mencari segala macam hal yang hanya terkait secara longgar dengan bisnis Anda. Ini mewakili lebih banyak peluang untuk terhubung dengan orang-orang itu dan membantu menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah mereka, dan menjadi sumber tepercaya bagi mereka.

Apakah Anda lebih cenderung mendapatkan widget dari sumber tepercaya yang menawarkan informasi hebat setiap empat kali terakhir Anda meminta bantuan Google untuk suatu masalah, atau seseorang yang belum pernah Anda dengar?

 

 

Apa yang Sebenarnya Berfungsi untuk Mendorong Lalu Lintas SEO dari Mesin Pencari?


Penting untuk dicatat bahwa Google bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas mesin pencari di dunia. Ini mungkin berbeda dari satu industri ke industri lainnya, tetapi kemungkinan Google adalah pemain dominan dalam hasil penelusuran yang ingin ditampilkan oleh bisnis atau situs web Anda, tetapi praktik terbaik yang diuraikan dalam panduan ini akan membantu Anda memposisikan situs dan kontennya untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari lain, juga. 


Jadi bagaimana Google menentukan halaman mana yang akan dikembalikan sebagai tanggapan atas apa yang dicari orang? Bagaimana Anda mendapatkan semua lalu lintas yang berharga ini ke situs Anda?

Algoritme Google sangat kompleks, tetapi pada tingkat tinggi:

    Google mencari halaman yang berisi informasi relevan dan berkualitas tinggi yang relevan dengan kueri pencari.


    Algoritme Google menentukan relevansi dengan "merangkak" (atau membaca) konten situs web Anda dan mengevaluasi (secara algoritmik) apakah konten tersebut relevan dengan apa yang dicari oleh pencari, berdasarkan kata kunci yang dikandungnya dan faktor lainnya (dikenal sebagai "sinyal peringkat") .


    Google menentukan “kualitas” dengan beberapa cara, tetapi profil tautan situs – jumlah dan kualitas situs web lain yang tertaut ke halaman dan situs secara keseluruhan – adalah salah satu yang paling penting.

Semakin banyak, sinyal peringkat tambahan dievaluasi oleh algoritme Google untuk menentukan di mana suatu situs akan diberi peringkat, seperti:

    Bagaimana orang terlibat dengan sebuah situs (Apakah mereka menemukan informasi yang mereka butuhkan dan tetap berada di situs, atau apakah mereka "memantul" kembali ke halaman pencarian dan mengklik tautan lain? Atau apakah mereka mengabaikan cantuman Anda di hasil pencarian sama sekali dan tidak pernah klik melalui?)
    Kecepatan memuat situs dan “keramahan seluler”
    Berapa banyak konten unik yang dimiliki situs (dibandingkan konten "tipis" atau duplikat, bernilai rendah)

Ada ratusan faktor peringkat yang dipertimbangkan oleh algoritme Google dalam menanggapi pencarian, dan Google terus memperbarui dan menyempurnakan prosesnya untuk memastikan bahwa itu memberikan pengalaman pengguna sebaik mungkin.


Riset Kata Kunci SEO & Praktik Terbaik Penargetan Kata Kunci

Timelinenews.

 


Langkah pertama dalam pengoptimalan mesin telusur adalah menentukan apa yang sebenarnya Anda optimalkan. Ini berarti mengidentifikasi istilah yang dicari orang, juga dikenal sebagai “kata kunci”, yang Anda inginkan agar peringkat situs web Anda di mesin telusur seperti Google.

Misalnya, Anda mungkin ingin perusahaan widget Anda muncul saat orang mencari "widget", dan mungkin saat mereka mengetikkan hal-hal seperti "beli widget". Gambar di bawah menunjukkan volume penelusuran, atau perkiraan jumlah penelusuran untuk istilah tertentu, selama jangka waktu tertentu 

Ada beberapa faktor utama yang perlu dipertimbangkan saat menentukan kata kunci yang ingin Anda targetkan di situs Anda:

    Volume Pencarian – Faktor pertama yang perlu dipertimbangkan adalah berapa banyak orang yang benar-benar mencari kata kunci tertentu. Semakin banyak orang yang menelusuri kata kunci, semakin besar potensi audiens yang ingin Anda jangkau. Sebaliknya, jika tidak ada yang mencari kata kunci, tidak ada audiens yang tersedia untuk menemukan konten Anda melalui pencarian.
    Relevansi – Sebuah istilah mungkin sering dicari, tetapi itu tidak berarti bahwa itu relevan dengan prospek Anda. Relevansi kata kunci, atau hubungan antara konten di situs dan kueri penelusuran pengguna, adalah sinyal peringkat yang penting.
    Persaingan – Kata kunci dengan volume pencarian yang lebih tinggi dapat mendorong jumlah lalu lintas yang signifikan, tetapi persaingan untuk posisi premium di halaman hasil mesin pencari bisa sangat ketat.

Pertama, Anda perlu memahami siapa calon pelanggan Anda dan apa yang kemungkinan akan mereka cari. Dari sana Anda perlu memahami:

  •   Jenis hal apa yang mereka minati?
  •   Masalah apa yang mereka miliki?
  •   Jenis bahasa apa yang mereka gunakan untuk menggambarkan hal-hal yang mereka      lakukan, alat yang mereka gunakan, dll.?
  •   Dari siapa lagi mereka membeli barang?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan memiliki "daftar benih" awal dari kemungkinan kata kunci dan domain untuk membantu Anda menemukan ide kata kunci tambahan dan untuk menempatkan beberapa volume pencarian dan metrik persaingan di sekitar.

Ambil daftar cara inti yang dijelaskan oleh prospek dan pelanggan Anda tentang apa yang Anda lakukan, dan mulailah memasukkannya ke dalam alat kata kunci seperti milik Google

Optimasi On-Page untuk SEO

Timelinenews.


Setelah Anda memiliki daftar kata kunci, langkah selanjutnya adalah menerapkan kata kunci yang ditargetkan ke dalam konten situs Anda. Setiap halaman di situs Anda harus menargetkan istilah inti, serta "keranjang" istilah terkait. Dalam ikhtisarnya tentang halaman yang dioptimalkan dengan sempurna, Rand Fishkin menawarkan visual yang bagus tentang seperti apa halaman yang dioptimalkan dengan baik (atau sempurna):

Tag Judul

Timelinenews.


Sementara Google bekerja untuk lebih memahami arti sebenarnya dari sebuah halaman dan tidak menekankan (dan bahkan menghukum) penggunaan kata kunci yang agresif dan manipulatif, termasuk istilah (dan istilah terkait) yang ingin Anda rangking di halaman Anda masih berharga. Dan satu-satunya tempat paling berpengaruh yang dapat Anda tempatkan kata kunci adalah tag judul halaman Anda.

Tag judul bukanlah judul utama halaman Anda. Judul yang Anda lihat di halaman biasanya adalah elemen HTML H1 (atau mungkin H2). Tag judul adalah apa yang dapat Anda lihat di bagian paling atas browser Anda, dan diisi oleh kode sumber halaman Anda dalam tag meta:

Deskripsi Meta

Timelinenews.


Sementara tag judul secara efektif adalah judul utama daftar pencarian Anda, deskripsi meta (elemen HTML meta lain yang dapat diperbarui dalam kode situs Anda, tetapi tidak terlihat di halaman Anda yang sebenarnya) secara efektif adalah salinan iklan tambahan situs Anda. Google mengambil beberapa kebebasan dengan apa yang mereka tampilkan di hasil pencarian, jadi deskripsi meta Anda mungkin tidak selalu ditampilkan, tetapi jika Anda memiliki deskripsi yang menarik tentang halaman Anda yang akan membuat orang yang mencari cenderung mengklik, Anda dapat meningkatkan lalu lintas secara signifikan. (Ingat: muncul di hasil pencarian hanyalah langkah pertama! Anda masih perlu membuat pencari datang ke situs Anda, dan kemudian benar-benar mengambil tindakan yang Anda inginkan.)

Body Content

  • Konten sebenarnya dari halaman Anda sendiri, tentu saja, sangat penting. Jenis halaman yang berbeda akan memiliki “pekerjaan” yang berbeda – aset konten landasan Anda yang Anda ingin banyak orang untuk tautkan harus sangat berbeda dari konten dukungan Anda yang Anda ingin pastikan pengguna Anda menemukan dan mendapatkan jawaban dengan cepat. Karena itu, Google semakin menyukai jenis konten tertentu, dan saat Anda membuat halaman mana pun di situs Anda, ada beberapa hal yang perlu diingat:
  •     Konten Tebal & Unik – Tidak ada angka ajaib dalam hal jumlah kata, dan jika Anda memiliki beberapa halaman konten di situs Anda dengan segelintir hingga beberapa ratus kata, Anda tidak akan jatuh dari kebaikan Google, tetapi dalam pembaruan Panda umum baru-baru ini khususnya mendukung konten yang lebih lama dan unik. Jika Anda memiliki sejumlah besar (pikirkan ribuan) halaman yang sangat pendek (50-200 kata konten) atau banyak konten duplikat di mana tidak ada yang berubah selain tag judul halaman dan ucapkan sebaris teks, itu bisa membuat Anda dalam masalah. Lihat keseluruhan situs Anda: apakah sebagian besar halaman Anda tipis, terduplikasi, dan bernilai rendah? Jika demikian, cobalah untuk mengidentifikasi cara untuk "mempertebal" halaman-halaman itu, atau periksa analitik Anda untuk melihat berapa banyak lalu lintas yang mereka dapatkan, dan cukup kecualikan mereka (menggunakan tag meta noindex) dari hasil pencarian agar tidak muncul Google bahwa Anda mencoba membanjiri indeks mereka dengan banyak halaman bernilai rendah dalam upaya untuk membuat peringkat mereka.
  •     Keterlibatan – Google semakin mempertimbangkan metrik keterlibatan dan pengalaman pengguna. Anda dapat memengaruhi ini dengan memastikan konten Anda menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pencari sehingga mereka cenderung tetap berada di halaman Anda dan terlibat dengan konten Anda. Pastikan halaman Anda dimuat dengan cepat dan tidak memiliki elemen desain (seperti iklan yang terlalu agresif di atas konten) yang kemungkinan akan mematikan pencari dan mengirim mereka pergi.
  •     Sharability – Tidak semua konten di situs Anda akan ditautkan dan dibagikan ratusan kali. Tetapi dengan cara yang sama Anda ingin berhati-hati agar tidak meluncurkan halaman dalam jumlah besar yang memiliki konten tipis, Anda ingin mempertimbangkan siapa yang kemungkinan besar akan membagikan dan menautkan ke halaman baru yang Anda buat di situs Anda sebelum Anda meluncurkannya . Memiliki halaman dalam jumlah besar yang kemungkinan besar tidak akan dibagikan atau ditautkan tidak akan memposisikan halaman tersebut untuk mendapatkan peringkat yang baik di hasil pencarian, dan juga tidak membantu untuk membuat gambaran yang baik tentang situs Anda secara keseluruhan untuk mesin pencari. 
 

Struktur URL


Struktur URL situs Anda dapat menjadi penting baik dari perspektif pelacakan (Anda dapat dengan lebih mudah menyegmentasikan data dalam laporan menggunakan struktur URL logis yang tersegmentasi), dan sudut pandang yang dapat dibagikan (URL yang lebih pendek dan deskriptif lebih mudah untuk disalin dan ditempel dan cenderung keliru dipotong lebih jarang). Sekali lagi: jangan bekerja untuk menjejalkan kata kunci sebanyak mungkin; buat URL singkat dan deskriptif.

Selain itu: jika tidak perlu, jangan ubah URL Anda. Meskipun URL Anda tidak “cantik”, jika Anda tidak merasa seolah-olah berdampak negatif pada pengguna dan bisnis Anda secara umum, jangan mengubahnya menjadi lebih fokus pada kata kunci untuk “SEO yang lebih baik”. Jika Anda memang harus mengubah struktur URL, pastikan untuk menggunakan jenis pengalihan (301 permanen) yang tepat. Ini adalah kesalahan umum yang dilakukan bisnis ketika mereka mendesain ulang situs web mereka. 

Skema & Markup


Terakhir, setelah Anda memiliki semua elemen standar pada halaman yang ditangani, Anda dapat mempertimbangkan untuk melangkah lebih jauh dan lebih membantu Google (dan mesin pencari lainnya, yang juga mengenali skema) untuk memahami halaman Anda.

Markup skema tidak membuat halaman Anda muncul lebih tinggi di hasil pencarian (ini bukan faktor peringkat, saat ini). Itu memberi cantuman Anda beberapa "real estat" tambahan di hasil pencarian, seperti yang dilakukan ekstensi iklan untuk iklan AdWords Anda.

Dalam beberapa hasil pencarian, jika tidak ada orang lain yang menggunakan skema, Anda bisa mendapatkan keuntungan bagus dalam rasio klik-tayang berdasarkan fakta bahwa situs Anda menunjukkan hal-hal seperti peringkat.

Demikian Info yang dapat saya bagikan Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Apa Itu SEO ?"